Sunday 8 January 2017

Lingkungan Belajar yang Kondusif Mendukung Optimalnya Proses Belajar


Salah satu faktor penting yang dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah adalah penciptaan lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar dalam hal ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan dan kondusif maksudnya adalah suatu kondisi yang sesuai dan benar-benar mendukung keberlangsungan proses pembelajaran. Lingkungan belajar siswa di sini terbagi dua, ada lingkungan fisik dan lingkungan sosial
a.  Lingkungan fisik dalam hal ini adalah kondisi lingkungan yang ada di sekitar siswa belajar berupa sarana fisik baik yang ada dilingkup sekolah, misalnya seperti ruang kelas. Lingkungan fisik dapat berupa sarana dan prasarana kelas, kebersihan kelas, pencahayaan, pengudaraan dan penataan kelas. Sekolah yang terletak di tempat jauh dari keramaian cenderung lebih kondusif karena gangguan atau polusi suara dapat dihindari paling tidak berkurang dalam pembelajaran, karena ketenangan juga dapat mengoptimalkan pembelajaran. Kelas yang bersih dan tertata dengan rapi juga tentunya dapat memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran, karena kelas yang bersih dan rapi dapat memberikan rasa betah berada di kelas tentunya juga menciptakan lingkungan yang kondusif. Selain itu, pengudaraan dan pencahayaan juga dapat mendukung penciptaan lingkungan kelas yang kondusif. Pada saat cuaca panas guru dan siswa tentu merasa gerah dan kepanasan yang dapat mengganggu proses pembelajaran. Oleh karena itu sekolah biasanya menyediakan kipas angin atau AC di ruang kelas untuk mengatasi cuaca panas. Pada saat cuaca mendung atau hujan biasanya matahari yang merupakan sumber cahaya di siang hari tertutup atau terhalang awan yang mana mengurangi pencahayaan dan mengganggu penglihatan guru dan siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasinya di kelas juga terdapat lampu.
b. Lingkungan sosial, dalam hal ini merupakan pola interaksi yang terjadi dalam proses pembelajaran. Lingkungan sosial yang baik tentunya yang memungkinkan terjadinya interaksi yang baik antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan sumber belajar dan lain-lain. Maksudnya di sini adalah bahwa suasana kelas yang nyaman dapat mendukung kegiatan pembelajaran yang optimal. Menurut saya, guru memiliki peranan penting dalam menciptakan lingkungan sosial yang kondusif dalam belajar. Guru harus menjaga agar suasana kelas tetap nyaman dan tenang, serta menjaga siswa tetap fokus dalam belajar. Untuk menjaga kondisi kelas tetap tenang dan nyaman tentu guru harus memiliki dan menerapkan strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan bagi anak agar anak tidak jenuh dalam belajar. Karena apabila anak sudah jenuh, maka mereka mulai berpikir melakukan hal lain yang lebih menyenangkan baginya. Selain itu, untuk menjaga konsentrasi siswa dalam belajar tentunya guru harus menyampaikan materi dengan baik dan menarik bagi siswa. Untuk menjaga perhatian siswa dalam belajar, guru dapat menggunakan media pembelajaran atau alat peraga yang berkaitan dengan pelajaran yang tentunya dapat menarik perhatian dan menjaga konsentrasi siswa terhadap pelajaran.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments