Salah satu faktor penting yang
dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah adalah penciptaan
lingkungan belajar yang kondusif. Lingkungan belajar dalam hal ini adalah
segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan
dan kondusif maksudnya adalah suatu kondisi yang sesuai dan benar-benar
mendukung keberlangsungan proses pembelajaran. Lingkungan belajar siswa di sini
terbagi dua, ada lingkungan fisik dan lingkungan sosial
a. Lingkungan
fisik dalam hal ini adalah kondisi lingkungan yang ada di sekitar siswa belajar
berupa sarana fisik baik yang ada dilingkup sekolah, misalnya seperti ruang
kelas. Lingkungan fisik dapat berupa sarana dan prasarana kelas, kebersihan
kelas, pencahayaan, pengudaraan dan penataan kelas. Sekolah yang terletak di
tempat jauh dari keramaian cenderung lebih kondusif karena gangguan atau polusi
suara dapat dihindari paling tidak berkurang dalam pembelajaran, karena
ketenangan juga dapat mengoptimalkan pembelajaran. Kelas yang bersih dan tertata
dengan rapi juga tentunya dapat memberikan kenyamanan dalam proses
pembelajaran, karena kelas yang bersih dan rapi dapat memberikan rasa betah
berada di kelas tentunya juga menciptakan lingkungan yang kondusif. Selain itu,
pengudaraan dan pencahayaan juga dapat mendukung penciptaan lingkungan kelas
yang kondusif. Pada saat cuaca panas guru dan siswa tentu merasa gerah dan
kepanasan yang dapat mengganggu proses pembelajaran. Oleh karena itu sekolah
biasanya menyediakan kipas angin atau AC di ruang kelas untuk mengatasi cuaca
panas. Pada saat cuaca mendung atau hujan biasanya matahari yang merupakan
sumber cahaya di siang hari tertutup atau terhalang awan yang mana mengurangi
pencahayaan dan mengganggu penglihatan guru dan siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasinya
di kelas juga terdapat lampu.
b. Lingkungan sosial, dalam hal ini merupakan pola
interaksi yang terjadi dalam proses pembelajaran. Lingkungan sosial yang baik
tentunya yang memungkinkan terjadinya interaksi yang baik antara guru dengan
siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan sumber belajar dan lain-lain. Maksudnya
di sini adalah bahwa suasana kelas yang nyaman dapat mendukung kegiatan
pembelajaran yang optimal. Menurut saya, guru memiliki peranan penting dalam
menciptakan lingkungan sosial yang kondusif dalam belajar. Guru harus menjaga
agar suasana kelas tetap nyaman dan tenang, serta menjaga siswa tetap fokus
dalam belajar. Untuk menjaga kondisi kelas tetap tenang dan nyaman tentu guru
harus memiliki dan menerapkan strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan
bagi anak agar anak tidak jenuh dalam belajar. Karena apabila anak sudah jenuh,
maka mereka mulai berpikir melakukan hal lain yang lebih menyenangkan baginya.
Selain itu, untuk menjaga konsentrasi siswa dalam belajar tentunya guru harus
menyampaikan materi dengan baik dan menarik bagi siswa. Untuk menjaga perhatian
siswa dalam belajar, guru dapat menggunakan media pembelajaran atau alat peraga
yang berkaitan dengan pelajaran yang tentunya dapat menarik perhatian dan
menjaga konsentrasi siswa terhadap pelajaran.
No comments:
Write comments