Saturday 7 January 2017

Pentingnya Observasi Bagi Guru


Seorang guru yang baik tentu mempunyai strategi dan langkah-langkah tertentu dalam mengajar. Tidak cuma itu, guru yang baik juga mesti melakukan observasi terhadap muridnya dalam pembelajaran karena ini menyangkut perkembangan kognitif siswa. Struktur kognitif merupakan rangkaian cara atau tingkat kematangan siswa dalam berpikir. Pentingnya seorang guru melakukan observasi dalam pembelajaran bagi perkembangan kognitif anak SD adalah karena dengan observasi, guru dapat mengetahui bagaimana  atau sejauh mana kemampuan kognitif setiap siswa dalam pembelajaran, untuk mengatasi perbedaan individual pada diri siswa dan agar guru dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tahapan kemampuan belajar siswa, baik dalam menentukan materi maupun cara penyampaiannya. Seperti yang telah diketahui bahwa setiap anak tidak memiliki struktur kognitif yang sama, terdapat perbedaan individual pada diri siswa yaitu misalnya pada motivasi siswa dalam belajar, persepsi siswa, kemampuan berpikir atau intelektual siswa, pengetahuan awal yang dimiliki dan lain-lain, yang mana perbedaan tersebut perlu diperhatikan oleh guru, karena faktor ini sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Melalui observasi dalam pembelajaran,guru dapat mengetahui karakteristik setiap siswa dan dapat menentukan cara mengatasi perbedaan tersebut agar setiap siswa mengalami keberhasilan dalam belajar. Misalnya guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami masalah dalam belajar dengan memberikan nasihat yang bersifat membangun dan berupaya membantu mengatasi permasalahan siswa. Selain itu, ditinjau dari segi kognitif bahwasanya belajar itu melalui beberapa proses yaitu asimilasi, akomodasi dan equilibrasi. Lalu apa itu asimilasi, akomodasi dan equilibrasi? Asimilasi merupakan proses penyesuaian pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang telah ada dan akomodasi merupakan proses penyesuaian struktur kognitif yang telah ada dengan situasi baru, sedangkan equilibrasi merupakan proses penyesuaian antara asimilasi dan akomodasi secara berkesinambungan. Oleh karena itu, melalui observasi guru juga diharapkan dapat menyesuaikan materi yang diajarkan dan bagaimana cara mengajarkannya dengan tepat kepada setiap siswa agar proses asimilasi, akomodasi dan equilibrasi dapat berjalan dengan baik, meskipun setiap siswa memiliki struktur kognitif yang berbeda-beda akan tetapi guru harus berupaya agar setiap siswa memperoleh pemahaman yang optimal.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments