Friday 17 February 2017

Tips-Tips Agar Masuk Ranking 3 Besar


     Pendidikan di Indonesia dari dulu hingga sekarang masih menganut sistem peringkat, dari siswa yang memperoleh nilai tertinggi sampai yang terendah. Biasanya yang masuk peringkat atau ranking 3 besar di kelas akan memperoleh penghargaan atau hadiah. Oleh karena itu, pasti semua siswa menginginkan masuk peringkat 3 besar. Namun, tidak semudah itu bagi kalian para siswa untuk memperolehnya, harus berusaha sekuat tenaga. Pada postingan kali ini, saya akan memberikan tips-tips untuk memperoleh atau masuk ranking 3 besar. Apa sajakah tipsnya? Baca yang baik ya berikut  tips-tips dari saya:
      1. Belajar Yang Rajin

      Kamu yang mau masuk peringkat 3 besar di kelas tentu harus rajin belajar baik di sekolah maupun mengulang pelajaran di rumah. Kebiasaan banyak siswa, belajar sungguh-sungguh hanya pada saat mau ulangan, bahkan ada yang menerapkan belajar SKS atau sistem kebut semalam. Mungkin yang belajar sistem kebut semalam lebih baik dibandingkan yang tidak belajar sama sekali. Akan tetapi, bagi kamu yang mau berprestasi dan masuk ranking 3 besar di kelas alangkah baiknya rajin belajar dan rutin mengulang pelajaran di rumah, agar pada saat mau ulangan kamu tidak merasa terdesak untuk mempelajari semuanya dari awal materi, karena kamu sudah menguasai materinya dan pada saat mau ulangan kamu hanya mengingat dan mendalaminya saja.
      2.  Jangan Terlalu Sering Tidak Masuk Sekolah atau Tidak Mauk Kelas
      Kenapa saya menyarankan agar jangan terlalu sering tidak masuk kelas? Karena pada saat kamu tidak masuk kelas, pembelajaran tetap dilaksanakan sehingga kamu akan tertinggal belajarnya dari teman-teman kamu. Semakin sering kamu tidak masuk kelas, semakin banyak juga kamu ketinggalan pelajaran. Meski kamu dapat menyusul belajar dengan temanmu yang masuk pada saat kamu tidak masuk kelas, kamu tidak akan memperoleh pemahaman sebaik dari penjelasan gurumu. Selain itu, absensi kelas juga bisa mempengaruhi peringkat dan naik kelas atau tidaknya kamu pada saat rapat dewan guru di akhir semester. Semakin sering kamu tidak masuk kelas dan tidak mengikuti pelajaran maka kamu akan semakin dijatuhkan pada saat rapat dewan guru. Jadi, jangan terlalu sering tidak masuk kelas ya dan alangkah lebih baik kamu harus selalu hadir dan mengkuti kegiatan pembelajaran kecuali bagi kamu yang lagi sakit parah atau ada suatu hal yang sangat penting yang membuat kamu mau tidak mau harus tidak masuk kelas.
     3. Perhatikan Penjelasan Guru
     Memperhatikan penjelasan guru pada saat kegiatan pembelajaran sangatlah penting. Karena pada saat guru menjelaskan inilah siswa dapat memperoleh pemahaman tentang materi pelajaran.
     4. Catat Hal-Hal Yang Penting

     Mencatat merupakan aktivitas menulis segala sesuatu hal di buku catatan yang mana fungsinya adalah untuk mengingatkan kembali jika ingatan tentang pelajaran sudah mulai hilang. Melalui catatan, kita dapat membaca kembali tentang hal-hal penting yang pernah kita dapatkan pada saat kegiatan pembelajaran, sehingga kita tidak perlu lagi mencari-carinya di buku lain karena sudah termuat dalam buku catatan.
       5. Bertanya Jika Belum Paham
     Siswa harus berani bertanya pada saat ada sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran yang belum dipahami olehnya. Adapun manfaat bertanya adalah untuk memperoleh pemahaman saat ada sesuatu yang sangat sulit untuk dipahami.
        6. Kerjakan Tugas Dengan Benar

     Tentu saja setiap siswa harus mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru baik tugas di sekolah atau PR. Tugas sangatlah berpengaruh terhadap peringkat kamu, karena nilai-nilai dari tugas yang diberikan oleh guru akan diperhitungkan untuk memperoleh nilai akhir. Oleh karena itulah, kerjakan tugas dengan sebaik-baiknya dan jangan ada yang ketinggalan.
       7. Ikuti dan Kerjakan Ulangan Harian dan Ujian Akhir Semester
     Tentu saja setiap siswa wajib ikut dan mengerjakan ulangan harian dan juga ujian akhir semester untuk memperoleh nilai agar bisa naik kelas. Untuk meraih ranking 3 besar, kamu harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti dan mengerjakan kedua ujian ini, karena nilai dari ulanga harian dan ujian akhir semester akan besar pengaruhnya terhadap perhitungan nilai akhir yang akan kamu peroleh. Oleh karena itu, untuk meraih peringkat yang sebaik-baiknya kamu wajib memperoleh nilai yang baik untuk ulangan harian dan ujian akhir semester yang tentunya dengan belajar sungguh-sungguh.
        8. Berkelakuan Baik
     Tingkah laku juga akan mempengaruhi nilai dan prestasimu di sekolah khususnya di kelas. Bagi kamu yang pandai tetapi selalu membuat onar, melanggar peraturan dan membuat guru marah, maka nilai yang kamu peroleh dari kepandaianmu akan sia-sia saja. Krena tingkah laku yang buruk akan membuatmu dipandang tidak baik di sekolah sehingga guru-guru akan sungkan atau malas memberimu nilai yang baik. Selain itu, nilai yang baik juga akan dipengaruhi tingkah laku, jika tingkah lakumu dipandang buruk, maka nilaimu bisa saja dipangkas atau dipersulit dan pada saat rapat dewan guru kamu akan diperbincangkan keburukanmu. Oleh karena itu, bertingkah laku lah yang baik.
        9. Berdoa
      Setelah usaha-usaha yang kamu lakukan untuk meraih prestasi yang diinginkan, jangan melupakan aspek yang satu ini yaitu berdoa. Kita sebagai manusia biasa hanya bisa berusaha sebaik mungkin untuk memperoleh hasil yang baik dan yang menentukan hasilnya adalah Tuhan Yang Maha Esa. Hasil yang baik tidak akan pernah lepas dari usaha yang baik pula serta doa.
     Demikianlah beberapa tips yang dapat saya berikan untuk memperoleh ranking 3 besar di kelas. Terlepas dari beberapa tips yang sudah saya sampaikan di atas, masih banyak lagi tips-tips lainnya untuk meraih prestasi di kelas. Baiklah sobat berbagi, semoga bermanfaat apa yang telah saya sampaikan dan silahkan share ke teman-temannya ya. Semoga sukses dalam meraih prestasi.

    Choose :
  • OR
  • To comment
5 comments:
Write comments
  1. singkat padat dan juga jelas,, dan ane sangat setuju sekali, berdoa diletakkan diurutan yg terakhir.. karena kebanyakan orang cuman banyak meminta, tetapi kerjanya ngak ada. Jadi kesimpulannya, usaha terlebih dahulu, baru berdoa.. terimakasih gan, dengan membaca artikel yg agan tulis, membuat wawasan ane bertambah.. :D dan semoga Tips yg agan tulis ini dapat dimanfaatkan dg baik oleh siapapun dan tidak terbatas pada bangku sekolah saja, ;)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih komentar dan masukannya gan. Maaf tampilan blognya masih begini soalnya masih pemula hehe. Nanti kunjung dan komentar lagi ya gan. Tadi ane baru aja koment di blog agan sebelumnya belum sempat komen tapi sudah kunjung beberapa kali baca baca mantap bener gan artikelnya

    ReplyDelete