Wednesday 15 March 2017

Ini Alasan Kenapa Sulit Belajar Pada Saat Galau


Manusia adalah makhluk yang memiliki perasaan. Akan tetapi, tidak selamanya manusia mengalami perasaan bahagia atau senang, manusia juga bisa merasakan perasaan yang membuat hati dan pikiran tidak nyaman seperti halnya sedih yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Pada saat ini perasaan tersebut sering disebut dengan galau. Bagi pelajar, perasaan galau bisa melanda kapan saja baik itu pelajar yang masih anak-anak hiingga pelajar dewasa atau mahasiswa. Contoh hal-hal yang bisa membuat perasaan menjadi galau yaitu:

  1. Tidak dipenuhinya permintaan, ini seringkali melanda para pelajar baik yang anak-anak hingga mahasiswa yang meminta sesuatu kepada orang tuanya tetapi tidak dipenuhi. Tentu saja setiap pelajar mungkin pernah merasakan hal ini membuat tidak semangat dalam melakukan aktivitas belajar.
  2. Tidak terpenuhinya harapan dalam menyalurkan perasaan suka dengan lawan jenis. Pelajar zaman sekarang khususnya yang telah memasuki usia puber, sudah berani menjalin hubungan yang namanya pacaran. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh dari tontonannya di televisi yang banyak sekali menayangkan film atau sinetron yang mengandung unsur percintaan, sehingga banyak pelajar yang mulai mengikuti apa yang ditontonnya. Selain itu, kemudahan dalam berkomunikasi dengan menggunkan hape pada saat ini juga mempengaruhi para pelajar untuk saling mengungkapkan rasa hingga menjalin hubungan. Namun, hubungan itu seringkali tidak sesuai harapan dan membuat para pelajar sakit hati dan tentunya mengganggu aktivitas belajar mereka.

Dalam belajar ada dua aspek pendukung yang mempengaruhi aktivitas belajar yaitu jasmani dan rohani. Jasmani menyangkut aspek fisik misalnya kemampuan mata dalam membaca. Sedangkan aspek rohani ini menyangkut perasaan pelajar pada saat elakukan aktivitas belajar. Kenapa pada saat galau sulit sekali untuk melakukan aktivitas belajar? Karena pada saat galau itu aspek rohaniah kita tidak terpenuhi, perasaan kita sedang tidak karuan sehingga mengganggu ketenangan dan kenyamanan kita dalam belajar. Secara biologinya, ketika dalam keadaan galau yang bekerja menerima pelajaran adalah batang otak bukan limbiks. Batang otak akan bekerja pada saat kita belajar dalam keadaan mental yang terganggu.Batang otak ini sifatnya sulit menerima pelajaran dan mudah lupa. Itulah yang menyebabkan kita sulit menerima pelajaran ketika galau secara psikologis dan biologisnya. Untuk menghindari perasaan galau bagi pelajar berikut tips-tipsnya:
  1. Pelajar harus memahami kenapa orang tua tidak memenuhi keinginan kita, karena orang tua kita oasti memliki alasan untuk tidak memenuhi permintaan kita.
  2. Hindari yang namanya pacaran atau menjalin hubungan spesial dengan lawan jenis, karena dapat menimbulkan rasa sakit hati yang belum dapat diatasi sendiri oleh pelajar yang masih anak-anak.
  3. Fokuslah untuk menempuh dunia pendidikan, jangan memikirkan untuk mencari pasangan hidup karena semua itu sudah diatur oleh yang Maha Kuasa.
Adapun untuk mengatasi perasaan galau berikut tips-tipsnya:
  1. Yakinlah segala sesuatu yang dipinta tidak semuanya dipenuhi karena pasti ada alasanya.
  2. Mantapkanlah hati untuk fokus belajar dan tidak lagi menjalin hubungan dengan orang yang disukai.
  3. Berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dan kelapangan dalam menghadapi berbagai masalah khususnya kesulitan dalam belajar.
  4. Yakinkanlah dalam hati bahwa kita manusia hanya bisa berencana dan yang menentukannya adalah Allah SWT.
Terlepas dari berbagai tips yang telah saya sarankan, masih banyak lagi tips-tips lainnya yang dapat kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya sobat berbagi. Sukses selalu untuk kita semua.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments