Thursday 16 February 2017

Tips-Tips Menghindari Masalah Yang Dapat Mengganggu Belajar



Hasil gambar untuk belajar asyik
            Belajar merupakan aktivitas yang mengharapkan perubahan tingkah laku manusia dari yang tidak tahu menjadi tahu. Adapun pada postingan kali ini sesuai dengan janji saya pada postingan sebelumnya, saya akan membahas mengenai tips-tips menghindari masalah-masalah yang dapat mengganggu aktivitas belajar baik bagi guru maupun siswa. Untuk mengetahui berbagi hal yang dapat mengganggu aktivitas belajar bisa kamu baca pada postingan sebelumnya ya sobat berbagi. Berikut tips-tips untuk menghindari berbagai hal yang dapat mengganggu aktivitas belajar kita:
     
      1.      Tidur dan Istirahat yang Cukup

Hasil gambar untuk tidur istirahat

Bagi manusia, tidur yang baik itu adalah sekitar 8 jam per hari. Tidur dan istirahat yang cukup dapat membuat tubuh lebih fit pada keesokan harinya dan siap untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari. Tidur yang cukup akan menghindarkan para siswa maupun guru dari mengantuk pada saat melaksanakan aktivitas belajar di sekolah sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan akan berjalan optimal dan memperoleh hasil yang maksimal. Untuk itu hindari atau jangan begadang di malam hari apabila tidak ada hal-hal yang terlalu penting.
      2.      Gunakan Metode dan Strategi Pembelajaran yang Tepat dan Menyenangkan

Hasil gambar untuk strategi belajar

Tips no 2 ini lebih khusus ditujukan kepada pengajar agar para siswa tidak mengalami kebosanan pada saat pembelajaran. Untuk menghindari rasa bosan yang dapat melanda siswa, di sinilah peran guru sebagai pengajar harus menggunakan strategi dan metode yang tepat agar para siswanya selalu terjaga konsentrasinya dalam pembelajaran. Pembelajaran yang baik bagi siswa adalah pembelajaran yang tentunya menyenangkan dan menarik untuk diperhatikan bagi siswa. Walaupun konsentrasi siswa sudah teralihkan dengan hal lain, guru harus pandai dalam mengembalikan konsentrasi siswa terhadap pembelajaran yang bisa dilakukan dengan cara misalnya bernyanyi, bermain game yang menyangkut pelajaran, senam, dan hal-hal menarik lainnya yang dapat mengembalikan konsentrasi dan semangat siswa dalam belajar.
      3.      Sarapan


Sarapan memang penting sebelum pergi ke sekolah. Dalam melakukan aktivitas belajar kita membutuhkan banyak tenaga yang kita gunakan untuk berpikir, menulis, menyimak, membaca, berbicara dan berinteraksi dengan teman atau guru pada saat pembelajaran. Apabila kita tidak sarapan di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah, maka tubuh kita akan mudah terasa lelah akibat kekurangan tenaga dan tentunya kita akan merasa lapar sehingga pikiran kita hanya ingin secepatnya istirahat dan makan. Oleh karena itu, sarapan sangat penting sebelum berangkat ke sekolah. Sarapan pagi tidak mesti harus nasi yang merupakan makanan pokok kita, tetapi juga bisa diganti dengan roti yang juga mengandung karbohidrat.
      4.      Kendalikan Situasi Lingkungan Belajar

Hasil gambar untuk lingkungan belajar

Tips no 4 lebih khusus ditujukan untuk guru agar tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu aktivitas belajar. Guru harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk kelangsungan kegiatan pembelajaran. Lingkungan belajar yang kondusif tentunya adalah lingkungan yang mendukung terjadinya aktivitas belajar yang optimal. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran guru harus bisa menciptakan kondisi yang nyaman untuk melaksanakan aktivitas belajar.
      5.      Hindari Belajar di Waktu Bermain

Hasil gambar untuk bermain

Belajar memang sangat penting bagi setiap siswa, akan tetapi tidak juga setiap saat harus belajar. Bagi siswa khususnya siswa yang masih anak-anak, bermain juga penting bagi mereka untuk melepas lelah berpikir yang telah dialaminya selama kegiatan belajar yang dilakukan. Jangan paksakan diri untuk belajar terus-menerus, ada saatnya otak kita beristirahat dan melakukan refreshing.
      6.      Hindari Belajar Sambil Bermain Smartphone


Pada saat belajar diperlukan konsentrasi penuh agar mendapat hasil yang optimal. Apabila belajar sambil bermain smartphone tentu sangat mengganggu aktivitas belajar bahkan bisa menghentikan aktivitas belajar. Oleh karena itu, pada saat belajar konsentrasilah dalam belajar jangan melakukan aktivitas lain apalagi sambil bermain smartphone.
            Demikian apa yang telah saya tuliskan di atas mengenai cara menghindari berbagai hal yang dapat mengganggu aktivitas belajar baik bagi siswa maupun guru. Terlepas dari beberapa tips yang telah saya tuliskan di atas, masih banyak lagi tips-tips lainnya yang dapat mencegah kita dari hal-hal yang mengganggu aktivitas belajar. Semoga bermanfaat ya sobat berbagi dan silahkan share link nya ke teman-teman lain karena berbagi itu indah.

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments